Darussalam Bersholawat : Penutupan Hari Santri Sekaligus Peringatan Maulid Nabi SAW

Purwokerto‒Semarak Hari Santri di Darussalam yang mengangkat tema “Santri Berkaya, Indonesia Jaya” merupakan sebab diadakannya berbagai macam lomba yang menghasilkan karya. Dari perlombaan tersebut diharapkan dapat menjadikan santri yang tidak hanya semangat dalam mengaji, tidak hanya siap siaga dalam mengabdi, tetapi juga bisa menjadikan santri yang tidak buta literasi. Diharapkan juga dapat menjadikan santri yang berintegritas tinggi dan menjadi pilar majunya negeri.

Demikian inti sambutan Ketua Panitia Hari Santri 2021 (Aldi Indra Lukmana) saat malam puncak Kamis (28/10/21) di halaman pesantren. Selain acara penutupan Hari Santri, panitia bekerja sama dengan Departemen Peribadatan adakan Darussalam Bersholawat untuk memperingati Maulid Nabi Muhammad saw. Sebelum sholawat dimulai, panitia Hari Santri membagikan hadiah kepada para juara lomba.

Maulid Nabi Muhammad saw, kali ini mengangkat tema “Meneladani Integritas Rasulullah saw. Aktualisasikan Akhlakul Karimah Dalam Kehidupan” dan dihadiri oleh Gus Mabni Rukhama atau yang kerap disapa Gus Ahong sebagai pemandu sholawat simtudduror dan diiringi oleh grup hadroh Asy Syabab Darussalam.

Sholawat kali ini menggunakan syair simtudduror karena menggambarkan kerinduan yang memuncak kepada Rasulullah saw. “Malam ini kita belajar bersholawat dengan syair simtudduror, dimana bahasanya lebih tinggi karena ibarat kata kita sedang sakaw.  Menggambarkan rindu yang klimaks kepada Kanjeng Nabi”, jelas Gus Ahong di tengah sholawat.

Sholawat yang dihadiri oleh seluruh santri putra putri Pondok Pesantren Darussalam ini berjalan dengan sangat meriah. Acara selesai pukul 00.30 dan diakhiri dengan makan bakso bersama. (YD)

Postingan Terkait

Tinggalkan komentar