Ponpes Darussalam Purwokerto Gelar Halaqah Fikih Peradaban 17 Desember Mendatang

Darussalampurwokerto.com – Pondok Pesantren Darussalam Dukuhwaluh Purwokerto akan menggelar Halaqah Nasional tentang Fikih Peradaban yang diselenggarakan oleh Lakpesdam (Lembaga Kajian dan Pengembangan Sawadaya Manusia) PBNU dan Kemenag, Sabtu, 17 Desember 2022 mendatang.

Tema yang diusung dalam Halaqah Nasional yaitu “Penguatan Siyasah Kebangsaan Perspektif Fikih Peradaban”.

Narasumber dalam acara halaqah kali ini antara lain Dr. Hj. Iffah Umiyati Ismail (Anggota Lembaga Bahtsul Masail PBNU), Prof. Dr. Ridwan, M.Ag. (Wakil Rektor II UIN K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto), Dr. Enjang Burhanudin Yusuf, S.S., M.Pd. (Sekretaris Rabithah Ma’ahid Islamiyah Kabupatem Banyumas), Shofiyulloh, S.H.I., M.H.I. (Sekretaris DPW Persatuan Dosen Agama Islam Nusantara Jawa Tengah).

Halaqah Nasional ini melibatkan para kiai, pengurus banom maupun imtelektual Nahdliyin, pondok pesantren, santri, serta berbagai elemen masyarakat yang bertujuan untuk berdiskusi dan berbincang mengenai Fikih Siyasah sebagai warisan intelektual yang tertuang dalam kitab-kitab klasik.


Halaqah ini bertujuan untuk menguatkan nilai-nilai fikih kebangsaan untuk menghadapi perubahan peradaban dunia, baik perubahan tatanan politik, demografi, standar norma, maupun perubahan yang disebabkan oleh globalisasi.

Harapannya semoga acara Halaqah ini bisa berjalan dengan lancar dan bisa memberikan pemahaman lebih kepada masyarakat mengenai pemahaman fikih siyasah atau fikih kebangsaan agar lebih bijak lagi dalam menghadapi tahun politik yang akan datang.” Harapan Muhammad Fajar selaku panitia.

Acara Halaqah Nasional akan berlangsung pada Hari Sabtu, 17 Desember 2022 di Pendopo Dr. K.H. Chariri Shofa, M.Ag. sejak pukul 08.00 hingga selesai dan disiarkan langsung pada kanal Youtube Pondok Pesantren Darussalam Dukuhwaluh Purwokerto.

Editor : Ricko Luis Antonio

Postingan Terkait

Tinggalkan komentar