Selasa, Juni 6, 2023
Google search engine
BerandaberitaUpacara Hari Kemerdekaan Indonesia - PonPes Darussalam Purwokerto

Upacara Hari Kemerdekaan Indonesia – PonPes Darussalam Purwokerto

Pondok Pesantren Darussalam – Indonesia Merdeka Ke-77. Upacara Hari Kemerdekaan Indonesia. Upacara bendera merupakan kegiatan yang wajib kita laksanakan untuk memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia. Tema yang unik dalam setiap tahunnya dapat memberikan resonansi yang positif bagi warna negara Indonesia dalam menjalani semangat hari kemerdekaan. Tema yang terusung di tahun 2022 ini adalah “Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat”.

Pondok Pesantren Darussalam menggelar upacara kemerdekaan Indonesia ke-77 pada tanggal 17 Agustus 2022 yang bertempat di Halaman Utama Pondok Pesantren Darussalam Dukuhwaluh, Purwokerto. Pengawalan ketat Tim Poskestren (Pos Kesehatan Pesantren) dalam rangka mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan. Khidmatnya upacara tidak lepas dari peran anggota Paskibra yang telah menampilkan tugas terbaiknya.

Upacara Hari Kemerdekaan Indonesia – Sambutan Pak Menteri

Ust. Shofiyulloh, S.H.I., M.H.I menyampaikan sambutan dari Menteri Riset Teknologi Pendidikan Dan Kebudayaan, (Nadiem Anwar Makarim) : “Ada beberapa hal yang ingin saya sampaikan. Pada intinya bahwa kita harus mengisi kemerdekaan ini dengan baik. Kita merupakan generasi yang mempunyai mandat untuk menjaga keutuhan bumi pertiwi oleh para pendiri bangsa. Ada sambutan dari MENRISTEKDIKBUD yang akan saya bacakan intinya.

Baca Juga Tentang: Doa Agar Selalu Semangat

Upacara Hari Kemerdekaan Indonesia

Upacara Hari Kemerdekaan Indonesia. Dalam sambutannya beliau mengajak santri dan pelajar untuk melanjutkan perjuangan para pahlawan, khususnya di sektor pendidikan yang sempat diterpa badai pandemi dengan semangat ‘Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat’.Kebangkitan di sektor pendidikan telah dibuktikan melalui Presidensi G20 tahun 2022. Di mana Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan, Teknologi (Kemendikbud Ristek) berupaya menggalang kolaborasi global di sektor pendidikan, yang salah satunya melalui program merdeka belajar.

“Melalui berbagai program belajar di luar kampus yang terhimpun dalam Kampus Merdeka,” ucapnya.

Terobosan merdeka belajar menurutnya sudah mencapai 21 episode. Masih banyak episode lain yang akan datang. Suharsono mengucapkan selamat memperingati HUT RI ke-77 bagi seluruh masyarakat Indonesia, dan khususnya bagi para pegiat pendidikan.

“Mari lanjutkan gotong royong kita untuk memulihkan dan membangkitkan Indonesia merdeka, mewujudkan merdeka belajar,” paparnya.

Pesan Makna Kemerdekaan

“Kita mengetahui bahwa kemerdekaan Indonesia atas berkat rahmat Allah dan diinginkan oleh keinginan luhur, ikhtiar yang perjuangkan oleh pahlawan. Oleh karena itu kita patut bersyukur kepada Allah swt. Dan tak lupa untuk pahlawan, guru, kiai, orang tua kita”.

Kita harus mencontoh para pahlawan dalam semangat juang, gotong royong, rela berkorban, cinta tanah air dan sebagainya. Kemerdekaan menjadi wasilah untuk kita selalu mendekatkan diri kepada Allah swt.

Amanat Kepada Santri Darussalam

Upacara Hari Kemerdekaan Indonesia. Ust. Shofiyullah menyampaikan amanatnya kepada para santri agar paham kewajiban sebagai warga Negara Indonesia. Santri yang beragama Islam yaitu dengan cara menunaikan semua kewajibannya. Setelah upacara selesai, paduan suara Darussalam (D’voice) memberikan persembahan lagu kebangsaan dengan seorang solois dan violinis yang sangat meriah.

Dalam rangka memeriahkan HUT ke-77 RI, Darussalam mengadakan rangkaian perlombaan dan pertandingan secara internal. Selain untuk meramaikan, perlomban juga mewadahi santri untuk mengekspresikan bakat masing-masing. Meskipun mengadakan rangkaian lomba, namun santri tetap mengaji dan semangat bersekolah.

Demikianlah rangkaian Upacara Hari Kemerdekaan Indonesia di Pondok Pesantren Darussalam Dukuhwaluh Purwokerto.

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -
Google search engine

Most Popular